Tips dan Trik Lolos Beasiswa Bank Indonesia

Hallooo

Hari ini aku mau nulits tips dan trik buat dapetin Beasiswa Bank Indonesia! Yuhuuu
Kebetulan aku juga genbi tahun kemaren, banyak banget pelajaran yg aku dapetin. Seperti kita tuh dituntut langsung turun ke lapangan, daan trnyata banyak banget klaster binaan BI yg baru kutau saat masuk genbi. Banyak juga relasi yg orgnya tuh rame2 dan bervariasi! So sad, i will miss them soon. Pokoknya Thankyou Bank Indonesia, Genbi Tasikmalaya yg udah jadi bagian dari sejarah aku, udah bikin aku berproses selama setahun ini, luv you all 😭
Untuk itu, aku juga pengen kamu yang baca ini ngerasin apa yg aku rasain. So, aku buat tulisan ini special for all of you! setidaknya aku tau titik dimana aku yakin waktu itu aku lolos selain karena doa juga karena alasan dibawah ini, kamu pengen tau juga? Check this out!

1. Nyari info persyaratannya dari sekarang
     Lho kenapa? Karena percaya gk percaya, suka ngedadaakk bnget infonya, makanya pas liat pengumuman info beasiswa smpe liat tnggal d kumpulinnya suka lemes seketika. Pokoknya harus persiapan dari jauh2 hari! Jangan males cari info, dan lebih bagus deketin plus tanya2 sama kating yg sebelumnya dapet beasiswa BI ini ya! Tapi alangkah baiknya sebelum bertanya litbae tuh harus baca2 dulu, jangan segala ditanyain dong gak baik juga. Btw beasiswa ini hanya buat jurusan trtentu dan univ yg udah kerjasama dengan BI aja. Maka dari itu, sering2 googling dulu ya!

2. Administrasi Musti Lengkap
    Ini sih wajib! tapi kalau d persyaratannya ada keterangan opsional artinya kamu boleh gk melampirkan dokumen itu, contonya kaya SKTM. Terus kalau gak punya tabungan bank atas nama kamu buat dari sekarang. Cv kamu buat menarik, banyakin skill, pengalaman trutama  volunteering yang berhubungan dengan kegiatan sosial. Dalam hal motivation letterpun harus dipikirkan dengan baik. Ada baiknya kamu cari tahu dulu genbi itu apa, apa saja program2 mereka, kalau kamu gabung kamu mau jd apa, trus ide inovatif apa yg kamu punya swhingga kamu layak masuk genbi. Selain itu, motivation letter ini juga mnjelaskn kenapa kamu mesti menerima Beasiswa BI ini. Pokoknya motivation letter ini buat semenarik mungkin, sehingga kalau dibaca tuh kaya wow iya ya perlu ada program ini, butuh ni anak ini. Semacam itu 😎

3. Pahami Alur Seleksi
    Kalau di kampus aku seleksinya ke kajur dulu berupa pengumpulan administrasi, trus sama kajur diseleksi dan dipilih, yg nantinya nama2 tsb akan diinterview sama pihak BInya langsung. Aku sih kurang tau indikator apa yang dijadikan standar penilaian di jurusan, soalnya gk dijelasin juga sih sama jurusannya. Yang jelas, tahun kemaren aku yakin dari motivation letter, cv dan ide inovatif kita buat genbi. Tapi, tahun ini aku gak yakin soalnya yg diliat dan dicantumkan dipengumuman kelolosannya yaitu nama beserta ipknya yg gede2 gak kaya tahun kemaren. Aku juga nggak tau, coba tanya ke prodi kalian masing2 ya. Walaupun gitu, kalau emg nanti kemungkinan juga diliatnya dari ipk lagi, bagusin ipk kamu dari sekarang dong!

4. Tips Buat Interview
     Kalau udah lolps di jurusan, saatnya di interview sama pihak BI nya langsung! Degdegaan lho apalagi denger kepala BI nya juga ikut turun langsung. Sayangnya bukan aku yg diwawancara sama beliau. Hehe
Yang kamu harus siapin itu, jual diri kamu semaksimal mungkin. Kalau marketing tuh ya biasanya sama barang kan nah anggap kamu barang yg bernilai lebih dari yg lain, sehingga mereka harus beli kamu dibandingkan yg lain! *perumpamaannya trlalu ekstrim gk sih? 🤣
Teknisnya sih, sebelum aku wawancara nih aku googling dulu gimana sih biasanya wawancara beasiswa itu. Terus ngobrol sama diri sendiri apa sih kelebihan sama kekurangan diri, tapi disini sebisa mungkin kamu harus menutupi kekurangan kamu itu dengan kelebihan kamu. Misalnya, kelemahan aku tuh suka telat tapi blablabla gtu, harus ada alesan smpe mereka yakin kamu bisa ubah kebiasaan burukmu itu. Selain itu, seperti yg aku jelasin di mptivation letter, kamu harus tau genbi tuh apa, program2nya, kamu pengen jd apa, punya ide apa, skill apa yg kamu punya ,kenapa kamu layak, pokoknya yakinin mereka bahwa kamu tuh org yang tepat.
Kamu juga bakalan ditanya kenapa kamu butuh beasiswa ini, apa ug membuat kamu ingin menerima beasiswa ini, walaupun seperti kuta semua tau bahwa materil salah satu hal penting yg kita butuhkan tapi disini kamu harua pintar merangkai kata, tapi nggak cuma omongan belaka ya, harus tulus dan emg niat, katakan bahwa selain materil kamu tertarik dengan blablabla ingin blabblabla maka dgn itu blablabla, smcam gtu litbae. Oh iya, kamu juga akan ditanya kegiatan sosial apa yg pernah kamu lakukan. Ataupun pengalaman kamu di bidang tertentu yg bisa bermanfaat untuk genbi.Tapi aku ingatkan, ini berdasarkan pengalaman aku ya. Gak mesti nanti interviewnya kaya gini, pastinya nnati tergantung kewenangan pewawancaranya juga. Kamu takut disuruh ngejurnal pas wawancara? Tenang, nggak kok! Karema waktu aku interview gk dtanya mata kuliah wkwk, kalau menurut aku sih semacam wawancara beasiswa pada umumnya yg aku udh googling sebelumnya, gk jauh dari itu. Cuma poin pentingnya masalah genbi nih, kamu perlu highlight!
Jangan salah juga ya pewawancara bakal bikin kamu pusing dengan pertanyaan yang terus diputer2, aku juga gtu. Padahal pertanyaannya ke arah sana, tp terus d ulang dan d puter2, emg ya nguji mental dan nguji hati wkwk

Oh iya, sebelum aku lolos beasiswa bi ini, aku pernah nyobain beberapa beasiswa dan gagal. Yaudah lha ya, gagal itu proses dan udah biasa, yg penting coba aja dulu! Yoo bisa yoo! Aku bisa, kamupun pasti bisa. Janagn pesimis dulu!

Udah mulai ngantuk nih litbae, nanti kalau ada yg inget lagi aku langsung update tulisan ini. Sekarang aku mau tidur dulu, btw udah jam 02.35 nih hhe. Babayy semoga bermanfaat 😉 feel free to ask me, DM aja yaa, tapi ingeta harus pake akhlak 😜
.
Maaf banyak yg typo ya, ini aku ngetik nya r hp, ran termasuk geng typo2 club. Jadi, maklumin ya nnti aku edit kok hhe.
.
Regards,
Its Lit Bae
LoveXYourself

Share:

0 komentar