Give atau Take Dulu?

Halohaaa
Dipostingan aku sebelumnya aku ngebahas tentang take and give. Tapi setelah aku pelajari lebih lanjut ternyata ada sudut pandang lain yang menyatakan bahwa lebih baik 'give' yang didahulukan. Karena menurut pandangan islam, jika kita bersedekah (memberi), Alloh  senantiasa memberi kita lebih dari apa yang kita dapatkan. Disinilah kata 'take' muncul untuk diri kita. Sebagaimana dalam surat Al-Baqarah ayat 261 Alloh SWT berfirman :


 مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمۡوَٰلَهُمۡ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنۢبُلَةٖ مِّاْئَةُ حَبَّةٖۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُۚ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ  

Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah: 261) 

Dalam ayat ini Allah memberi perumpamaan sedekah (menafkahkan harta) di jalan Allah, dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dari tujuh bulir itu ada seratus biji. Artinya bahwa satu kali saja manusia melakukan kebaikan sedekah, maka Allah akan melipatgandakan hingga tujuh ratus kali lipat kebaikan. Sungguh besar pahala yang bisa didaptkan melalu jalan sedekah ini. (Sumber : https://www.coretanzone.id/2017/11/aya-ayat-al-quran-tentang-sedekah.html)

Nah, kawan mulai dari sekarang jangan takut buat nyisihin harta kalian walaupun itu hanya sebuah senyuman! senyum itu merupakan suatu bentuk sedekah juga. Yakin dan percaya Alloh senantiasa membalas kita dengan sesuatu yang lebih. Have a good day! jangan lupa senyummmmmm ;)









Share:

0 komentar