Hal yang Baru Aku Sadari

 Aku membutuhkan alasan.

Berawal dari aku yang bingung dan bosan karena nggak punya tujuan, nggak ambis dan kurang berminat terhadap sesuatu. Semakin bertambah umur, kurasa aku nggak ada semangat aja buat bener-bener ngelakuin sesuatu. Karena ya aku gak tau sebenernya aku itu pengen apa, tujuan aku itu apa. Karena hidup juga gak melulu tentang uang, uang bukan goal hidup melainkan kebutuhan.

Tujuan hidup itu sebenernya buat mengumpulkan bekal sebanyak mungkin untuk akhirat nanti. Ya aku tau. Tapi, masih terasa kosong. Kaya ada sesuatu yang aku lewatkan.

Ternyata, menurutku aku nggak tau tujuan kehidupan duniawiku. Seperti karir, prestasi, dan segala pencapaian lainnya sampai pada aku merasa kehilangan passionku dan nggak tau apa yang sebenarnya aku minati. Aku sudah mencoba berbagi hal, karena banyak yang bilang kalau kita belum mencoba, tentu kita nggak tau kan. Tapi, dalam proses ini aku belum sampai tujuan pada sesuatu yg aku minati. Sehingga jatohnya aku nggak bersemangat, kurang motivasi untuk meraih segala pencapaian duniawi itu. Aku kurang alasan untuk berjuang meraih itu semua. Untuk apa aku meraih itu semua? aku tidak terlalu ambis untuk diakui keberadaan beserta prestasinya. 

Disisi lain, ternyata aku baru sadar. Berbagai org yang mampir di fase kehidupan kita itu punya perannya masing-masing. Salah satunya mereka yang membuat kita tertekan, meremehkan sampai menjatuhkan, secara tidak langsung memberikan kita alasan untuk berjuang dan berambisi. Karena kita perlu membuktikan pada mereka bahwa kita nggak seburuk itu, malah bisa lebih sukses.

Walaupun ya nggak dipungkiri bikin sakit hati juga, tapi ternyata nggak seburuk itu kok kalau kita melihat dari berbagai sudut pandang. Terimakasih untuk semua orang yang sudah memberikan alasan sehingga aku bisa kembali bersemangat menjalani hidup dan memiliki lebih banyak alasan untuk berjuang. Untuk kebahagiaan diriku sendiri dan readers semua. Cheers!

Share:

0 komentar